Bagaimana Strategi di dalam Facebook Marketing ?

Untuk mencapai hasil yang maksimal, anda harus menjalankan Facebook marketing dengan langkah yang tepat. Apa saja Langkah yang tepat itu ?

  1. Mulailah dengan tujuan yang Jelas

Sebuah upaya pemasaran harus dimulai dengan tujuan yang jelas. Tanpa terkecuali, Facebook marketing. Kenapa demikian, karena akan membantu anda mengukur apakah upaya yang harus dilakukan ketika sudah berhasil. Sebagai gambaran untuk anda, jika anda belum menentukan tujuan anda, mulailah dengan sebuah survey ke pelanggan anda.

  1. Kenalilah target pasar anda

Untuk dapat mencapai tujuan yang sudah anda tentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar anda. Dengan mengetahui target pasar, hal ini dapat membantu anda dalam menentukan biaya pemasaran hingga menentukan jenis konten untuk diposting.

  1. Ciptakanlah konten yang semenarik mungkin

Setelah mengetahui target pasar anda, saatnya anda membuat konten yang menarik.  Strategi ini berlaku baik untuk posting di Facebook Page maupun saat beriklan menggunakan Facebook Ads. Dari sisi format, sebisa mungkin jangan hanya melakukan posting berupa teks saja. Lengkapilah dengan foto maupun video.

  1. Jadwalkan posting konten dengan sebaik mungkin

Menjadwalkan posting konten sangat penting untuk membantu anda menentukan kapan posting dilakukan dan seberapa sering. Terlalu sering melakukan posting tentu akan memberi anda sedikit waktu untuk menciptakan konten. Hasilnya, bisa saja kualitas konten anda kurang maksimal. Hal ini akan meninggalkan kesan kurang baik bagi pengunjung.

  1. Aktif berkomunikasi dengan audiens

Salah satu tujuan utama media sosial adalah membangun chanel komunikasi.  Jika anda menggunakan Facebook marketing, pastikan anda dapat berkomunikasi dengan konsumen anda dengan baik. Disini artinya, anda tidak hanya berfokus pada konten yang anda posting saja. Akan tetapi anda bisa menjawab komentar konsumen juga merupakan hal yang sangatlah penting.

  1. Tentukan biaya yang sesuai

Strategi selanjutnya adalah menentukan biaya pemasaran dengan baik.  Proses pembuatan konten untuk Facebook marketing tak jarang membutuhkan biaya. Bagi pebisnis kecil menengah yang baru memulainya, sebaiknya pilih cara pembuatan konten yang gratis atau murah. Tujuannya apa ? agar biaya bisa digunakan untuk kegiatan lain.

  1. Monitor dan Analisis Strategi Anda

Setelah melakukan posting konten, lakukanlah upaya monitoring. Bisa dengan mengamati komentar yang diberikan pengunjung, ataupun melihat perkembangan jumlah share, like, dan komen.